Spesifikasi dan Harga ZTE Blade S6

Untuk memperkuat pangsa pasarnya di Tanah Air, ZTE kembali menghadirkan satu smartphone teranyar dengan target pasar kelas menengah, ZTE Blade S6. Spesifikasinya mirip dengan Xiaomi Mi 4i, Oppo R7, dan Vivo Max5 Pro.

Apakah kelebihan yang dimilikinya? Berikut ulasan kami.


Desain

ZTE Blade S6 adalah smartphone berbentang layar 5 inci dengan desain yang cukup ergonomis. Aspek ergonomis ini sudah bisa kita lihat saat pertama kali melihatnya, melalui keempat sudutnya yang dibuat melengkung. Bagian depannya ditutupi oleh kaca seutuhnya, membuatnya agak mengkilap setiap kali dipandang.

Mengusung konsep unibody, Anda bisa melihat kehadiran slot SIM-card (mendukung dua SIM) dan slot Micro SD di pinggiran kiri ponsel. Di sisi kanan Anda bisa melihat tombol volume dan power.

Konektor audio dan micro USB dipasang terpisah pada sisi yang berlawanan. Satu hal yang cukup unik adalah posisi konektor micro USB yang agak ke pinggir kanan. Padahal smartphone pada umumnya meletakkan konektor ini di bagian tengah. Salah satu kelebihan posisi slot micro USB pada ZTE Blade S6 adalah pengguna akan cukup nyaman memakainya dalam posisi landscape dalam kondisi charging.




Bagian belakangnya seperti terbuat dari material metal. Kenyataannya, penutup ini terbuat dari plastik, yang di tengahnya terpampang logo ZTE. Penutup belakang ZTE Blade S6 ini cukup tahan terhadap goresan.
 





Software & antarmuka

ZTE Blade S6 sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop dengan antarmuka khusus MiFavor 3.0. Ini adalah interface yang menggunakan warna-warna cerah, ditambah dengan beberapa fitur yang mengutamakan akses cepat melalui gerakan penggunanya.

Anda dapat melihat berbagai ikon yang dibuat lebih ramah, tak lupa dengan penyematan warna yang tergolong cukup baik. Selain itu, MiFavor 3.0 juga memberikan kemudahan dengan dihapusnya App Drawer untuk mengakses semua aplikasi yang terpasang.

MiFavor 3.0 menghadirkan berbagai gestur yang memudahkan pengguna untuk mengakses beberapa perintah secara cepat. Pilihan gestur ini cukup banyak, dan hampir semuanya dapat dijalankan ketika ponsel dalam keadaan standby.

Tujuan utamanya adalah supaya pengguna tidak perlu menekan tombol kunci lalu mengakses satu aplikasi. MiFavor 3.0 juga memberikan pilihan untuk mengubah pengaturan tombol back dan menu yang tidak menggunakan lambang khusus.

Harus diakui, MiFavor 3.0 tergolong cukup cepat ketika pertama kali dioperasikan. Satu faktor utamanya adalah kustomisasi antarmuka yang tak menyeluruh dan berfokus pada unsur esensial dan unik saja. Beberapa tampilan masih menggunakan versi standar Android, seperti bagian notifikasi dan pengaturan secara umum. Task Manager juga termasuk salah satu menu yang tidak mengalami perubahan. Bisa dibilang, tampilannya lebih halus dari MIUI 6 saat pertama kali dijalankan.

Terkait bloatware, ZTE Blade S6 tak dilengkapi dengan begitu banyak aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi asing yang tertanam adalah TouchPal X sebagai alternatif keyboard standar.
 

Kamera & video

ZTE Blade S6 menggunakan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera belakang menyajikan berbagai fitur khusus yang cukup lengkap, mulai dari pengaturan efek pencahayaan, manual mode, sampai efek khusus yang mengubah tampilan foto sepenuhnya. Terkait kualitas, harus diakui bahwa ZTE Blade S6 memiliki kualitas yang tidak berbeda dengan kamera yang tertanam di ponsel Lenovo.

Kualitas foto akan kurang bagus jika kondisi pencahayaan tidak terlalu terang, apalagi redup. Namun, dari segi software, kamera ini mampu mendeteksi senyuman untuk memotret secara otomatis, tak lupa dengan fitur beautify.


Untuk kamera depan, ponsel ini juga menyediakan beberapa fitur khusus yang pada umumnya dibutuhkan konsumen, termasuk mode beautify. Beralih ke video, ZTE Blade S6 sanggup merekam video pada resolusi Full HD (1920 x 1080) pada kecepatan 30 FPS. Di sisi lain, kualitas kamera yang tertanam berimbas jelas pada hasil video yang direkam, sekalipun dalam resolusi Full HD.


 

Performa & baterai

ZTE Blade S6 menggunakan prosesor Snapdragon 615. Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM 2 GB, yang siap menyajikan kualitas visual sekaligus performa yang memadai. Anda tidak akan menemukan masalah saat menjalan aplikasi dalam jumlah yang cukup banyak, termasuk bermain game yang menyediakan pengaturan grafis secara lengkap. Asphalt 8 bisa dimainkan secara mulus pada pengaturan medium.
ZTE BLADE S6 TIDAK MENGHASILKAN PANAS YANG MENGGANGGU KETIKA PROSESOR BEKERJA SECARA PENUH UNTUK MENJALANKAN GAME

MiFavor 3.0 memang tak memerlukan konsumsi daya yang cukup besar. Antarmuka ini juga tak membuat kinerja prosesor yang berlebihan. Begitupun saat bermain game atau menjalankan aplikasi benchmark, ZTE Blade S6 tidak menghasilkan panas yang menganggu seperti saat saya menjajal Xiaomi Mi 4i ketika belum mendapatkan update untuk masalah panas ini. Pengguna tidak akan merasakan panas tersebut ketika prosesor bekerja dengan cukup berat.








Terkait konsumsi daya, ZTE Blade S6 mampu beroperasi secara penuh selama 5 jam. Terdapat selisih sekitar 2 jam dibandingkan Xiaomi Mi 4i. Salah satu faktor utamanya adalah daya baterai yang lebih rendah, 2.400 mAh, ditambah prosesor yang bekerja dengan kecepatan cukup tinggi dalam kondisi default atau standby.

Inti prosesor yang termasuk ke dalam cluster kedua, atau bagian yang mengurusi aplikasi background, cenderung bekerja tanpa henti, sekalipun ponsel dalam keadaan standby. Di sisi lain, sebagian besar konsumen yang membelinya tidak memiliki tujuan utama untuk bermain game terus menerus.



Kesimpulan

ZTE Blade S6 adalah smartphone kelas menengah yang menjanjikan. Harga yang dibanderol memang terpaut sedikit mahal dari pesaingnya, yaitu Rp 3 juta.

Di sisi lain, Anda bisa merasakan beberapa fitur eksklusif yang hanya tertanam di MiFavor 3.0. Fitur tersebut memang cocok untuk Anda yang menginginkan akses yang sangat cepat ke beberapa fungsi. Di sisi lain, kualitas kamera yang tergolong kurang juga bisa menjadi kelemahan yang harus dipertimbangkan konsumennya.


Kelebihan :
  • Performa berada di atas harga yang ditawarkan
  • Fitur eksklusif dari MiFavor 3.0
  • Panas yang dihasilkan tidak mengganggu
 
Kekurangan : 
  • Kualitas kamera masih kurang
  • Daya baterai rendah untuk menopang prosesor
 
 
 
  ZTE Blade S6
Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 @1.5 GHz octa-core processor
RAM 2 GB
OS Android Lollipop (5.0.2);MiFavor 3.0
Memori Internal 16 GB
Kamera 13 MP (belakang), 5 MP (depan)
Dimensi 144 x 70.7 x 7.7 mm
Bobot 154 gram
Baterai 2.400 mAh battery
Layar 5-inch Full HD 1920 x 1080
Konektivitas GSM / GPRS / EDGE: 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
4G LTE: 800 / 900 / 1800 / 1900 / 2600 MHz
Harga Rp2.999.000

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesifikasi dan Harga ZTE Blade S6"

Posting Komentar